Usaha makanan Ringan

10 November 2014 § 1 Komentar

Usaha makanan Ringan

Usaha makanan Ringan

Memulai usaha makanan ringan merupakan salah satu potensi bisnis yang sangat bagus pada saat ini, dimana kita ketahui bahwa makanan merupakan salah satu kebutuhan manusia yang sangat penting, dan fakta yang menarik di sini adalah bahwa orang Indonesia sangat gemar untuk ngemil atau mengkonsumsi makanan ringan. Dapat kita lihat begitu banyak makanan ringan yang ditawarkan di Indonesia, seperti misalnya kerupuk, keripik, kacang, kue, biskui dan juga kacang.

Dengan melihat potensi seperti ini sudah seharusnya kita dapat mengambil peluang ini untuk kita jadikan sebuah usaha rumahan dan bahkan saya sarankan untuk dijadikan bisnis yang Anda tekuni dengan serius.

Meskipun jenis makanan ringan ini sederhana namun peminat dari makanan ringan ini sangatlah banyak terutama di Indonesia, terdapat banyak pilihan makanan ringan yang di tampilkan di Mall-mall besar di Indonesia dan juga di pasar tradisional. Bahkan di tempat-tempat kunjungan wisata misalnya Bali, Yogyakarta dan sebagian besar daerah Indonesia pasti akan menawarkan oleh-oleh dari daerah terkait berupa makanan ringan.

Sebagai seorang yang berjiwa wirausaha maka peluang usaha makanan ringan ini tidak boleh Anda lewati begitu saja. Berikut saya akan jelaskan beberapa hal yang menyangkut usaha makanan ringan yang dapat Anda pelajari. Di dalam artikel ini saya mengasumsikan bahwa bisnis yang makanan ringan ini adalah usaha baru yang akan Anda jalani dan juga Anda adalah produsen makanan ringan.

Poin Penting Didalam Menjalankan Usaha Makanan Ringan

Memilih jenis usaha makanan ringan yang tepat

Untuk membuka usaha makanan ringan kita haruslah tahu kemana arah minat pasar yang akan kita target, karena dalam bisnis usaha makanan ringan ini sangat sering terjadinya pergeseran minat masyarakat terhadap makanan ringan. Serta pilihlah jenis makanan ringan yang banyak variasinya agar kita dapat memodifikasi jenis makanan ringan kita agar tetap menarik di mata masyarakat. Namun hal yang terpenting adalah Anda harus fokus terhadap jenis makanan yang akan Anda jalani misalnya adalah makanan ringan dari Kentang, ubu, kacang atau Pisang.

Lokasi Bisnis makanan ringan

Sukses atau tidaknya suatu usaha sudah pasti akan ditentukan oleh lokasi bisnis yang dipilih, namun akan berbeda jika Anda mempromosikan usaha makanan ringan Anda dengan aktif misalnya memasang iklan di media cetak atau elektronik, sehingga Anda akan mampu menjalankan usaha makanan ringan Anda dari rumah saja. Namun sebagai seseorang yang seirus dalam bisnis maka suah seharusnya Anda memiliki tempat dimana Anda menampilkan produk yang Anda tawarkan sehingga masyarakat dan konsumen akan berpikir bahwa Anda adalah orang yang serius dalam melayani permintaan Anda. Sebagai awal mungkin tidak akan masalah jika Anda menawarkan produk Anda dari rumah sekaligus sebagai tempat penyimpanan produk, namun jika Anda melihat potensi usaha Anda akan berkembang maka sudah saatnya Anda memilih lokasi terbaik untuk mengembangkan usaha tersebut.

Miliki rencana kerja yang akurat

usaha makanan ringan-planDi dalam menjalankan suatu bisnis kita harus menghitung segala biaya produksi dan juga promosinya , jika Anda menghadapi masalah dalam perhitungan ini maka Anda dapat berkonsultasi dengan akuntang atau pun saudara yang pernah kuliah di fakultas ekonomi ( selalu ada orang sukses yang dapat Anda tanyakan – lihatlah di lingkungan Anda). Di dalam bisnis usaha makanan ringan ini biaya utama yang harus Anda perhatikan adalah biaya di dalam produksi makanan ringan tersebut mulai dari bahan, kemasan, promosi dan karyawan. Di dalam setiap usaha sudah pasti tidak akan balik modal dalam satu atau 2 bulan, maka hitunglah secara tepat berapa bulan Anda harus balik modal dan mendapatkan keuntungan.

Lihat Kompetisi

Meriset kompetisi merupakan langkah awal yang harus Anda perhatikan dengan cermat, sebagai wirausahawan yang ingin memulai usaha makanan ringan maka kita tidak dapat langsung ikut bersaing dengan pengusaha besar yang sudah lama berada dalam usaha tersebut. Jika Anda ingin ikut berkompetisi dengan mereka maka Anda harus menampilkan hal yang berbeda dan tidak di berikan oleh competitor Anda tersebut, saran yang saya dapat berikan adalah jangan mengubah harga !! Tampilkanlah produk makanan ringan Anda lebih unik dengan manfaat yang tidak dapat diberikan oleh pesaing yang sudah ada.

Jaga kualitas makanan ringan Anda

Meskipun disebut makanan ringan maka kita juga harus memperhatikan kualitas makanan ringan yang kita produksi, saat ini begitu banyak masyarakat yang concern terhadap kualitas makanan yang mereka asup meskipun itu sebuah makanan ringan. Perlu diingat bahwa makanan ringan ini dicari oleh masyarakat karena kita hidup di dunia yang serba cepat, dan mereka ingin menjalankan aktivitas mereka secepat yang mereka lakukan tanpa mengesampingkan kebutuhan dasar mereka yaitu makanan (ini merupakan konsep ide yang dapat Anda tawarkan pada konsumen Anda Yaitu “makanan ringan dan sehat”).

Promosi

usaha makanan ringan-promosiSetiap usaha yang ada di dunia ini tidaklah dapat berjalan dengan baik tanpa ada kegiatan promosi, dan usaha makanan ringan Anda sudah seharusnya dapat Anda promosikan dengan baik. Seperti misalnya Maicih yang sukses dengan promosinya di dunia maya dengan social media, maka Anda pun dapat melakukannya dengan lebih baik. Dimana saat ini begitu banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mempromosikan usaha makanan ringan Anda seperti misalnya membuat fan page di facebook, membuat blog tentang produk Anda, memberikan sampel produk ke sekolah atau kampus dan bahkan perkantoran secara gratis dan masih banyak cara yang dapat Anda temukan sendiri sesuai kreatifitas dan type demografi tempat usaha Anda.

Jadilah kreatif

Kreatifitas merupakan modal utama yang patut Anda miliki, karena di dalam usaha apa pun di dunia 80 persen usaha yang sukses dimulai dengan pikiran yang kreatif dan 20 persen sisanya adalah kerja keras. Apakah Anda memiliki ide kreatif di dalam usaha makanan ringan ini?

goldenadi

Tagged: , , ,

§ One Response to Usaha makanan Ringan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Usaha makanan Ringan at SUKSES.

meta

%d blogger menyukai ini: