10 Pelajaran Tentang Uang

4 Desember 2013 § 1 Komentar

10 pelajaran tentang uang

goldenadi

Nah ini dia pelajaran yang tidak didapatkan dari sekolah diseluruh Indonesia Karena mungkin tidak ada buku kurikulumnya atau pun tidak adanya kesadaran bahwa pelajaran tentang uang itu cukup penting, sehinggap orang-orang menebak-nebak konsep tentang uang itu. Nah kita ikuti saja 10 pelajaran tentang uang di bawah ini :

1. Uang adalah sebuah gagasan

Dengan kata lain uang adalah apa yang kita pikirkan. Apa pun keyakinan kita tentang uang apakah kita memilii keyakinan bahwa uang itu jahat dan sangat tidak baik untuk membicarakan tentang uang maka itu lah keyakinan dan gagasan teman-teman tentang uang, namun jika kita menganggap uang itu sangat menyenangkan untuk di dapatkan maka itu pula lah yang membuat hidup teman-teman. Saya di sini tidak mengatakan bahwa keyakinan yang satu lebih baik dan yang satunya buruk namun apa yang menjdi keyakinan kita maka itulah yang kita dapatkan, contohnya jika kita mengganggap uang sangat kita perlukan namun keyakinan kita mengatakan bahwa uang itu tidak baik maka kita pun harus rela untuk hidup dengan uang yang pas-pasan saja.

2. Uang menjadi berharga jika Anda meyakininya

Hampir mirip dengan ide no satu di atas, jika kita mengganggap bahwa uang itu tidak penting dalam hidup kita maka untuk menjadi kaya tidak akan menjadi tujuan kita. Jika kita mengganggap mengelola uang maka keberlimpahan uang adalah tujuan yang wajar untuk kita raih. Dan lagi ada perbedaan antara menjadi miskin dan tidak menginginkan kekayaan, dan menjadi miskin dengan tidak mengetahui cara untuk menjadi kaya. Setiap orang di dunia ini memiliki potensi untuk menjadi kaya dan memiliki hubungan yang sedemikian rupa dengan uang. Itu semua kembali kepada keyakinan kita.

3. Uang tidak akan membuat kita kaya

Uang dapat membuat kita kaya ataupun miskin, menjadi miskin, kaya atau sedang-sedang saja lebih merupakan adalah sebuah mindset. Cara kita untuk mengelola uang adalah salah satu contohnya. Misalnya saja ada 2 orang yang memenangkan sebuah uang dengan nominal yang sama , orang yang miskin akan berakhir kembali menjadi miskin dan orang yang kaya akan bertambah kaya. Sederhananya uang tidak akan membuat kita kaya.

4. Uang tidak dapat memecahkan masalah

Ada orang kaya yang pernah saya tahu tidak akan memberikan pinjaman uang pada sembarang orang, karena mereka mengetahui bahwa denga memberikan pinjaman uang kepada mereka mungkin akan membuat keadaan menjadi tambah parah.  Orang kaya ini beralasan jika mengetahui keadaan orang tersebut tidak akan mungkin dapat mengelola uang yang akan dipinjamnya tersebut maka orang kaya itu akan menderita kerugian dan juga akan membuat hubungan yang tidak sehat dengan orang yang sedang meminjam uangnya itu. Memberikan uang mungkin tidak akan membantu tapi dengan memberikan saran dan ide mengenai masalah uang adalah penting dan cara termudah sekaligus cara yang paling jitu untuk membantu.

5. Semua orang memiliki masalah uang

Orang kaya, orang miskin, karyawan, perusahaan, pemerintah, tua ataupun muda, semua orang di dunia ini memiliki masalah keuangan. Pada dasarnya juga bahwa memiliki atau tidak memiliki uang adalah masalah hehehe. Tapi yang menjadi pertanyaannya adalah masalah yang mana yang kita ingin alami – memiliki banyak uang atau masalah kelebihan uang? Setiap masalah memiliki tingkat yang berbeda namun kekurangan uang adalah masalah yang sangat gawat dan harus diselesaikan dengan segera.

6. Kemiskinan adalah akar kejahatan

Kalimat di atas lebih tepat kiranya daripada pernyataan bahwa uang adalah akar dari kejahatan, bener ga? Coba pikirkan kejahatan, narkoba, kerusuhan, masalah kesehatan, kebodohan dan kriminalitas lainnya, mereka yang melakukan kegiatan kriminal mengaku melakukannya untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka dan segala penderitaan yang dialami akibat kesehatan yang buruk serta kebodohan karena tidak adanya biaya.

7. Hubungan antara uang dan kebahagiaan

Uang itu sendiri tidak dapat menentukan kebahagiaan ataupun  kesedihan. Ada orang kaya yang bahagia dan tidak bahagia namun ada juga orang miskin yang bahagia dan juga tidak bahagia. Kebanyakan yang kita lihat orang akan bahagia jika mendapatkan uang namun kebahagiaan ini tidak berlangsung lama dan tidak ada hubungannya dengan kebahagiaan seumur hidup. Jadi sungguh tidak masuk akal jika menganggap semua orang kaya bahagia dan semua  orang miskin pasti sedih terus terusan. Kebahagiaan itu kita yang menentukan sendiri namun jika uang tidak dapat membuat kita bahagia maka carilah kekayaan yang membuat orang yang kita cintai bahagia, dan menjadikan diri kita miskin bukanlah kebahagiaan bagi mereka.

8. Semakin banyak yang kita dapat semakin banyak yang harus diserahkan

Jika teman-teman berpikir menjadi kaya adalah menjadi rakus dan suka menimbun uang, maka ingatlah bawa semuanya itu tidak dapat di bawa kea lam baka. Tidak peduli berapa millyar atau triliun yang dapat kita kumpulkan selama hidup kita dan tidak satu sen pun yang akan kita bawa ke “sana”. Semakin banyak uang yang kita dapat pada akhirnya akan terkumpul di kantong orang lain, namun itu semua tidak akan menjadi penting karena kita telah mengajarkan pelajaran yang lebih penting mengenai pengelolaan uang.

9. Uang akan datang pada orang yang mampu mengelolanya.

Semakin kita terdidik untuk mengelola uang maka uang akan mengalir dengan mudah ke kantong kita. Kita tahu pendidikan kita tidak begitu akurat, untuk membuat muridnya cerdas saja belum bisa apalagi mengajarkan tentang pengelolaan uang. Maka mulailah mencari tentang pendidikan uang yang benar dan bermanfaat bagi kita dan juga orang disekitar kita.

10. Uang itu tidak terbatas

Mungkin diantara kita ada yang percaya bahwa jika ada orang yang mendapatkan uang lebih itu berarti ada orang yang sedang kekurangan karena sebenarnya bagian untuk orang yang kekurangan itu. Menjadi kaya dan menjadi makmur bukanlah mendapatkan uang orang lain tapi itu semuany tentang membuat uang lebih banyak lagi serta kemakmuran secara bersama-sama di dunia.

Sekali lagi 10 pelajaran tentang uang di atas ini berlaku bagi orang di seluruh dunia ini, dan kita sebagai orang Indonesia juga bisa menerapkannya lho, bagi yang memiliki pelajaran lainnya tolong info saya di box komen ya . Salam Sukses!

7 Ide Bisnis Untuk Memeriahkan Natal

Goldenadi

Tagged: , , , , , , , , , , , , , ,

§ One Response to 10 Pelajaran Tentang Uang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading 10 Pelajaran Tentang Uang at SUKSES.

meta

%d blogger menyukai ini: