SUKSES BISNIS CUCU KI HAJAR DEWANTARA

8 Mei 2013 § 1 Komentar

Salam sukses teman-teman, bulan ini kita merayakan hari pendidikan, dimana juga pada bulan ini banyak siswa sekolah yang mengikuti ujian nasional, namun saya tidak akan membahas tentang ujian nasional tersebut namun saya akan membahasa Sukses bisnis cucu Ki hajar Dewantara.

SUKSES BISNIS CUCU KI HAJAR DEWANTARA

goldenadi.wordpress.com

Siapa sih cucu Ki Hajar Dewantara tersebut? namanya adalah Ratna Dewi Antarina SF Amir, beliau adalah pendiri sekolah yang bernama High Scope Indonesia. Mungkin teman-teman ada yang tahu mengenai sekolah yang berasal dari Amerika Serikat ini, dan sekolah ini sudag memiliki cukup banyak cabang lho yang tersebar di seluruh Indonesia seperti di Jakarta, Bandung, Medan dan Bali.

Latar belakang dibangunnya sekolah ini menurut Ratna adalah karena keprihatinan beliau terhadapa dunia pendidikan Indonesia yang dinilai statis dan konvensional, kita dapat melihat bahwa dunia pendidikan di sini berorientasi terhadap nilai kurikulum dan pendapat dari sang guru dan mengesampingkan nilai kreativitas dari muridnya sendiri.

Saya yakin bahwa tindakan ibu Ratna ini cukup bagus karena melihat persiapan dan usaha untuk memajukan pendidikan Indonesia ini cukup kurang dimana kita dapat melihat bahwa negara Vietnam sekarang kemajuan pendidikannya sangat pesat dan mulai di lihat oleh dunia selain negeri Cina, Brazil, Rusia dan India. Diliihat kemajuan negara kita dengan negara Vietnam tersebut negara kita jauh lebih maju namun apa yang menyebabkan negara kita berkesempatan untuk didahului di dalam dunia pendidikan oleh Vietnam tersebut? tak lain adalah karena monotonnya pendidikan kita dan kurangnya kemampuan kita untuk mau menerima perubahan dengan tangan terbuka. Selain itu kebebasan berpikir kita  seakan di batasi oleh masyarakat itu sendiri sehingga kesempatan untuk memunculkan kreativitas yang besar dan bernilai menjadi kecil dan menghilang.

Selain itu dengan diterapkannya Ujian Nasional di negara kita ini telah membuat siswa yang memiliki nilai intelegensia rata-rata menjadi frustasi dan membunuh kreatifitas anak lainnya untuk berbuat curang demi untuk mengejar nilai standar yang ditetapkan oleh negara.

Dengan semangat memajukan dunia pendidikan ini lah Ratna membuka usaha yang omzetnya dapat mencapau 10 milyard per tahun. Namun dalam membangun usaha ini beliau tidak otomatis berjalan mulus meskipun beliau adalah cucu Ki Hajar Dewantara yaitu salah satu pahlawan nasional yang juga memajukan dunia pendidikan di Indonesia ini. Dalam perjalanan pembangunan High Scope ini Ratna mengalami bagaimana ditinggal oleh temannya sendiri dan membangun sekolah ini dengan modal yang minim.

Namun layaknya pebisnis yang baik beliau tidak saja meraup keuntungan tersebut untuk pribadinya sendiri, dimana setiap tahunnya Ratna merogoh uang sebesar 2 milyar untuk mengadakan penelitian dan pengembangan pendidikan bagi High Scope Indonesia ini. Meskipun sekolah ini merupaka franchise dari Amerika namun kurikulumnya telah diubah sesuai dengan karakter bangsa Indonesia sehingga sekolah ini bukan franchise yang di beli lalu dijual begitu saja namun sudah mengalami perombakan demi keuntungan pendidikan di Indonesia.

Pelajaran lain yang bisa kita dapatkan dari SUKSES BISNIS CUCU KI HAJAR DEWANTARA ini adalah bagaimana obsesi menjadikan usaha kita berhasil. Kita mengerti bahwa sesuatu yang kita sukai akan berkesempatan membuat diri kita sukses dan dituntut ketotalitasan dari diri kita sendiri untuk membuat usaha tersebut menjadi besar. Bayangkan saja jika Ratna hanya membeli franchise tersebut lalu menjualnya secara mentah-mentah, bukan saja akan membuat muridnya “keblinger” namun akan membuat High Scope ditinggal oleh muridnya dan akhirnya akan ditutup karena bangkrut.

Nah semoga cerita singkat mengenai SUKSES BISNIS CUCU KI HAJAR DEWANTARA ini dapat menginsiprasi kita semua untuk tetap selalu mengembangkan kecintaan kita terhadap sesuatu dapat pula bermanfaat bagi masyarakat sekitar kita sehingga tidak saja  membawa kesuksesan bagi kita sendiri namun mampu memberikan nilai yang tinggi bagi bangsa kita. Selamat Hari Pendidikan Indonesia.

Lihat Juga Tulisan Maskapai Batik Air

Goldenadi

Tagged: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

§ One Response to SUKSES BISNIS CUCU KI HAJAR DEWANTARA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading SUKSES BISNIS CUCU KI HAJAR DEWANTARA at SUKSES.

meta

%d blogger menyukai ini: