Rahasia sukses Samsung

8 Mei 2013 § 1 Komentar

Siapa yang tidak kenal dengan perusahaan besar asal Korea yang bernama Samsung? Sekarang saya akan mencoba mengulik rahasia sukses Samsung tersebut, siapa tau dari kita dapat memetik pelajaran dari salah satu perusahaan besar yang menghasilkan peralatan elektronik yang menjadi saingan Apple ini.

rahasia sukses samsung

goldenadi

Sebelumnya saya akan menginformasikan saja tentang pendiri dari perusahaan Samsung ini, namanya adalah Lee Byung-Chull, yang diteruskan oleh anaknya yaitu Lee Kun hee. Anak dari pendiri perusahaan ini sungguh jeli dalam menangkap peluang di dalam persaingan dunia elektronik khususnya dalam bidang komunikasi. Bagaimana tidak, saingan besar seperti apple saja di amini untuk menjadi pesaingnya. Sungguh dibutuhkan nyali yang besar untuk bersaing  dengan dedengkot yang sudah punya nama.

Supaya tidak panjang lebar lagi kita langsung saja kupas rahasia dari suksesnya perusahaan Samsung ini ;

Premium Produk

Anda pasti sudah pernah mendengar bahwa produk yang unik dan terbaru akan menjadi rebutan masyarakat, apa lagi jika produk tersebut memang terbukti memiliki kualitas yang terjamin. Dengan meluncurkan premium produk alias produk tertentu yang di luncurkan terlebih dahulu sebelum pesaing lainnya maka Samsung dapat menentukan harga dari produk tersebut, dan secara tidak langsung mendapatkan predikat pelopor. Sebagai masyarakat kita cendurung akan mencari produk yang jarang, bukan???

Ambil resiko

Masih berkaitan dengan premium produk, dalam peluncuran produk yang baru dan belum ada di pasaran maka dapat dikatakan kita akan mengambil langkah yang beresiko, keberhasilan dalam peluncuran produk yang masih terbilang baru adalah 50:50. Namun Samsung bukanlah Samsung jika tidak berani mengambil resiko, karena mereka memperkecil skala kerugian mereka dengan melakukan riset, riset dalam hal ini bisa berupa survey dan penelitian. Samsung sangat berfokus pada kegiatan riset itu sendiri, mereka mengerahkan sumber daya manusianya untuk melakukan riset dan penelitian dalam hal kemajuan teknologi, mereka ingin perusahaan mereka menjadi pemimpin dalam hal inovasi.

Rasa tidak pernah puas

Sikap pimpinan Samsung saat ini Lee Kun hee, patut ditiru. Dia tidak saja mampu memajukan perusahaan yang diwarisi dari ayahnya namun dia menginginkan perusahaanya maju terus dan terus tanpa terlena oleh kesuksesan yang telah diraih. Dia berseru kepada anak buahnya untuk selalu berinovasi dalam hal teknologi sehingga memunculkan produk yang tercanggih dan terbaru di pasaran. Berbeda dong kalo dia cukup puas dengan kesuksesan Samsung galaxy-nya saja maka mungkin tidak ada Samsung galaxy 1,2 atau 3, dan dia masih akan membuat teknologi canggihnya lho, kita tunggu aja teknologi fantastis apa yang akan di luncurkannya di pasaran nanti.

Sadar akan kebutuhan masyarakat

Kebayangkan kalo produk yang diluncurkan oleh Samsung tidak ada hubungannya dengan kebutuhan masyarakat. Siapa yang akan beli produknya kalau masyarakat tidak ada yang merasa perlu untuk menggunakan produk dari Samsung. Nah di sinilah cerdiknya pimpinan perusahaan asal Korea ini. Dia selalu memotivasi karyawannya untuk selalu mencari dan terus mencari fitur-fitur apa saja yang akan sangat diperlukan oleh masyarakat luas dalam produknya. Maka terjasilah penciptaan produk yang berseri seperti Samsung Galaxy tersebut, dan teknik tersebut bukanlah hal baru karena sudah banyak diterapkan oleh produk lainnya semisal iPhone dari apple, windows yang sekarang sampai 8, begitu juga dengan intel dari Pentium hingga iCore7-nya.

Tanggap akan Perubahan

Sadar dan tanggap akan perubahan adalah syarat mutlak bagi perusahaan yang ingin tetap bertahan dalam persaingan di dunia bisnis, jika tidak maka perusahaan tersebut akan tertinggal dan akan ditinggalkan oleh pelanggannya. Begitu juga dengan Samsung, perusahaan ini seperti yang sudah saya ungkapkan di atas bahwa Lee mendorong karyawannya untuk selalu mencari kebutuhan apa yang akan sering dibutuhkan oleh masyarakat. Dalam bisnis seperti diungkapkan oleh Robert T Kiyosaki, semakin banyak orang yang kita layani maka semakin besar keuntungan yang akan kita dapatkan. Meskipun hanya untung 1 rupiah dalam satu produk namun jika kita dapat melayani 1 millyar orang maka 1 millyar rupiahlah yang akan kita dapatkan.

Nah bagi teman-teman yang memiliki impian untuk membangun sebuah perusahaan maka perlu di contoh nih tips dari Rahasia sukses Samsung ini, dan jika teman ingin mencoba menawarkan produk atau jasa baru maka coba deh tips yang pertama yaitu buat dan luncurkan produk yang belum ada di pasaran sehingga kita bisa menetapkan harganya terlebih dahulu.

Namun yang paling penting dari sebuah usaha adalah strateginya, yang ditetapkan setelah kita mengetahui tujuan serta gambaran nyatanya dalam pikiran kita. Salam sukses

Lihat Juga Tulisan Sukses bisnis cucu Ki hajar Dewantara

Toko Buku Online

 Goldenadi

Tagged: , , , , , , , , , , , , , , , , ,

§ One Response to Rahasia sukses Samsung

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Rahasia sukses Samsung at SUKSES.

meta

%d blogger menyukai ini: