Penghargaan Diri

18 April 2013 § 3 Komentar

penghargaan diri

goldenadi.wordpress.com

Kesukesan berawal dari dalam diri manusia sukses itu sendiri, benih kesuksesan itu timbul dari rasa penghargaan diri mereka terhadap diri mereka sendiri. Dengan meghargai diri merea sendiri itu adalah kesuksesan yang pertama yang dapat diraih olehnya. Kekhawatiran merupakan faktor penghalang bagi keberhasilan kita, dan kekhawatiran ini bersumber dari rasa penghargaan diri sendiri yang kurang, karena terlalu memusatkan perhatian mereka pada kekhawatiran mereka sendiri dan melupakan tujuan awalnya.

Bagaimana cara meningkatkan penghargaan diri kita sendiri guna meraih keberhasilan dalam hidup kita? Berikut saya aakan sampaikan beberapa poin yang dapat meningkatkan penghargaan diri Anda dan membuat hidup Anda lebih berwarna :

1.  Keramahan

Sapalah setiap orang yang Anda temui dengan senyuman yang tulus, bila Anda berada pada lingkungan yang baru maka Anda wajib untuk memperkenalkan diri Anda terlebih dahulu sebagai rasa penghormatan terhadapat mereka yang terlebih dahulu berada di sana. Dalam memperkenalkan diri adapun bahasa tubuh yang harus Anda perhatikan yaitu mengulurkan tangan Anda terlebih dahulu dengan mengucapkan nama Anda dengan jelas, yang diikuti dengan mengucapkan “senang bertemu dengan Anda”

2.  Etika bertelepon

Di dalam pembicaraan menggunakan telepon, baik di tempat kerja maupun di rumah, maka haruslah Anda melatih suara Anda sebaik mungkin agar enak di dengar oleh lawan bicara Anda di telepon, latihlah juga suara Anda agar  dapat di dengar dengan jelas sehingga tidak terjadi kesalah-pahaman karena terjadi kesalahan pendengaran. Bila Anda menelepon terlebih dahulu maka Anda wajib untuk memberitahukan nama Anda  yang dapat dilanjutkan dengan memberitahu tujuan Anda menelpon.

3.  Memberi nilai tambah dalam diri

Memberi nilai tambah dalam diri Anda ini dapat dilakukan dengan meningkatkan ilmu pengetahuan dan keterampilan pada diri Anda sendiri. Bila Anda seorang wanita maka ada baiknya Anda ikut kursus memasak, menjahit, atau juga kursus mengetik jangan lupa ikut dalam seminar-seminar yang bekaitan dengan karir Anda. Jika Anda seorang pria maka ikutilah kursus-kursus yang berkaitan kegiatan laki-laki yang dapat menambah nilai di dalam diri Anda. selain itu manfaatkanlah toko buku atau perpustakaan serta tempat olah raga Anda sebagai tempat untuk penambahan nilai diri Anda.

4.  Jangan berteriak atau kasar

Memang benar perkataan “hati boleh panas namun kepala tetap dingin” sudah begitu banyak contoh yang menunjukan kerugian yang diakibatkan oleh sikap kasar dan emosi yang tidak dapat ditahan. Bersikap tenang merupakan kunci dari solusi dari setiap masalah yang kita hadapi.

5.  Jangan menceritakan masalah Anda kepada orang lain

Jika Anda bertujuan dengan menceritakan masalah Anda aga orang lain iba dan kasihan pada Anda maka lebih baik Anda tidak usah menceritakan masalah Anda, karena orang yang sukses  hanya akan mencari dan menyukai orang yang kelihatan sukses dan terdengar sukses. Maka jika Anda sellau mengeluh maka orang sukses itu akan menjauhi Anda karena Anda hanyalah penjatuh motivasi mereka dan juga membuat Anda jatuh sejatuh-jatuhnya. Kecuali memang Anda ingin memecahkan masalah Anda maka carilah rorang yang benar-benar dapat membantu Anda untuk memecahkan masalah Anda tersebut.

6.  Gunakan hari ini

Benar gunakan hari ini, tidak hari esok atau minggu depan, nikmatilah hari ini untuk mendapatkan hal yang Anda inginkan, dan gunakan hari ini sebagai ekspresi rasa syukur Anda bahwa Anda masih hidup saat ini bukannya meninggal. Menikmati hari-hari Anda merupakan salah satu cara meningkatkan penghargaan diri Anda sendiri dengan cara menghitung nikmat apa saja yang telah Anda dapatkan selama Anda hidup.

penghargaan diri

goldenadi.wordpress.com

Ingatlah selalu bahwa sikap kesuksesan itu berawal dari dalam diri Anda sendiri, Anda tidak dapat memberikan kasih, sayang, rasa hormat, motivasi kepada orang lain jika Anda sendiri tidak mampu merasakannya dan memberikannya terlebih dahulu pada diri kita sendiri. Begitu juga dengan penghargaan diri, Anda tidak dapat menghargai orang lain sebelum Anda menumbuhkan rasa penghargaan diri terhadap diri Anda sendiri.

 

Lihat juga tulisan latihan maha guru

Goldenadi

Tagged: , , , , , , , ,

§ 3 Responses to Penghargaan Diri

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Penghargaan Diri at SUKSES.

meta

%d blogger menyukai ini: