Usaha Bakso

25 Februari 2013 § 1 Komentar

Siapa sih yang tinggal di Indonesia ini yang tidak mengenal yang namanya makanan bernama bakso? Bisa dibilang bakso ini merupakan salah satu jajanan favorit masyarakat Indonesia. Oleh karena itu usaha bakso mulai berkembang di Indonesia layaknya jamur di musim hujan. Tidak saja yang memulai usahanya dengan gerobak saja namun ada pengusaha yang memulai dengan modal ratusan juta dan memiliki tempat di mall yang besar. Nah apakah Anda tertarik untuk memulai usaha bakso ini? Kalau begitu kita harus mengenal lebih dekat tentang apa itu bakso, lets check it down….

 Pengertian Bakso

Bakso atau baso adalah berbentuk bola  yang terbuat dari daging dan campuran tepung. Bahan bakunya tidak saja terdiri dari daging sapi saja namun bisa terbuat dari daging ayam, udang dan ikan. Biasanya bakso disajikan dengan wadah mangkok yang berisikan seledri, bihun, potongan kol, bawang goreng lalu di siram dengan kuah yang panas hasil rebusan dari bakso tersebut, untuk pelengkap rasa biasanya si pedagang akan menyiapkan kecap, saus tomat dan sambal.

Sejarah Bakso

Bakso merupakan makanan yang berasal dari Tionghoa, kata bakso sendiri merupakan asal kata dari  Bak-So, pada Bahasa Hokkien memiliki arti “daging babi giling”. Namun jangan salah karena penduduk Indonesia sebagian besar terdiri dari muslim maka masyarakat melakukan modifikasi terhadap bakso tersebut yaitu dengan membuat bakso dari hasil gilingan daging udang, ayam atau ikan. Daerah di Indonesia yang terkenal dengan produksi baksonya adalah Solo dan Malang.

Jenis-Jenis Bakso

Meskipun bakso merupakan hasil gilingan daging namun bakso memiliki variasi yang berbeda-beda dengan cita rasa yang memiliki keunikan tersendiri juga, adapun variasi baksonya adalah sebagai berikut :

  • Bakso urat: bakso yang diisi irisan urat atau tendon dan daging tetelan kasar
  • Bakso gepeng: bakso berbentuk pipih
  • Bakso udang: bakso berbahan dari udang
  • Bakso ikan: bakso berbahan daging ikan
  • Bakso keju: bakso resep baru berisi keju
  • Bakso bola tenis atau bakso telur: bakso berukuran bola tenis berisi telur ayam rebus
  • Bakso Bakar: bakso yang diolesi bumbu khusus dan dibakar langsung (tanpa arang) dan disediakan bersama potongan ketupat dan kuah kaldu yang hangat dan bumbu kacang. Biasanya bumbu oles sebelum dibakar merupakan salah satu yang menentukan enak atau tidaknya bakso bakar.

 

Produk

Produk dalam usaha bakso ini tidak lain adalah bakso (hehehe) dan untuk membuka usaha ini akan lebih baik jika kita juga mengetahui bagaimana proses pembuatan bakso secara manual. Pembuatannya dapat Anda pelajari di bawah ini, namun jangan tiru sementah-mentahnya cara proses pembuatannya akan lebih jika Anda bertanya pada ahlinya yng terlebih dahulu terjun dalam usaha pembuatan bakso ini, oke mari kita langsung belajar cara pembuatan bakso ini ;

Pembuatan Bakso Ayam

Bahan-bahan yang akan digunakan:

–          800 gram fillet ayam

–          1 sendok the merica bubuk

–          8 sendok makan bawang goreng

–          6 sendok the garam

–          160 gram es batu

–          Proses pembuatannya

–          Pertama tama Anda blender fillet ayam yang sudah disiapkan bersamaan dengan es batu

–          Setelah lembut maka taruh di wadah dan campurkan dengan bawang goreng yang sudah halus dan tepung tapioka ,merica dan garam.

–          Lalu bentuk bulatan pada adonan yng sudah siap tersebut lalu masukan ke dalam air hangat yang sudah disediakan pada wadah lainnya.

–          Terakhir rebuslah bakso setengah jadi tersebut dalam air yang mendidih tunggu hingga bakso tersebut mengapung, lalu angkat dan rendam dalam air es beberapa menit lalu tiriskan.

Dalam pembuatan bakso ini juga dapat and lakukan dengan mesin yang sudah banyak disediakan oleh perusahaan besar, Anda dapat lihat contoh mesinnya di sini.

Rencana penjualan Bakso

Dalam usaha bakso ini Anda dapat melakukan penjualan dengan berkeliling dengan gerobak maupun menyewa atau bagi yang sudah memiliki tempat dapat melakukan penjualan di tempat tersebut.

Berjualan dengan Gerobak

Bagi Anda yang ingin menjalankan usaha bakso ini dengan gerobak maka Anda harus memiliki tenaga yang extra untuk berkeliling menjajakan usaha bakso Anda ini. Selain itu Anda juga harus jeli dalam memilih lokasi penjualan Anda agar mencapai hasil yang maksimal seperti contohnya ruko, dekat sekolah, dekat kampus ataupun dekat pusat perbelanjaan. Hal yang harus dipersiapkan untuk berjualan dengan gerobak ini adalah yaitu gerobak itu sendiri dapat Anda buat ataupun Anda beli, tabung gas kecil, dangdang untuk merebus bakso, jika mampu kursi beberapa buah dan lainnya yang umum digunakan dalam penjualan bakso ini (untuk lebih jelas Anda dapat menanyakan langsung pada para pedagang bakso tersebut atau dengan browsing di internet).

Berjualan di lokasi tertentu

Untuk usaha bakso ini Anda dapat memilih lokasi yang bisa dikatakan gampang-gampang susah karena bakso merupakan jajanan yang digemari masyarakat Indonesia sehingga jika Anda membuka usaha di rumah sendiri pun akan dapat dicari oleh penggemar bakso, asalkan bakso Anda memang berkualitas dan lezat. Untuk menjalankan usaha ini di rumah atau lokasi tertentu perlengkapannya pun tidak jauh berbeda dengan yang diperlukan dengan berjualan dengan gerobak, tergantung luas dan kapasitas dari tempat Anda berjualan tersebut.

Promosi

Dalam usaha promosi memang sangat vital, karena tanpa promosi usaha Anda akan sepi tanpa pengunjung. Dalam usaha bakso yang Anda jalankan Anda dapat melakukan promosi dengan membuat spanduk atau pun brosur lalu di sebarkan pada sekolah-sekolah, kampus, kantor atau pengendara jalan. Jika Anda memiliki modal yang lebih maka Anda juga dapat mempromosikannya di media cetak maupun elektronik.

Nah demikian dulu tips membuat usaha bakso dari goldenadi ini semoga bisa bermanfaat buat Anda sekalian yang ingin membuat usaha sampingan yang menghasilkan lebih dari gaji Anda. untuk saran dan masukan yang membangun sangat kami harapkan dengan cara memasukan saran Anda pada kotak komentar di bawah, salam sukses dan terimakasih.

Lihat juga tulisan LeleDumbo

Goldenadi

Tagged: , , , , , , , , , , , ,

§ One Response to Usaha Bakso

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Usaha Bakso at SUKSES.

meta

%d blogger menyukai ini: