Lele Dumbo

24 Februari 2013 § 1 Komentar

Usaha lele dumbo adalah salah satu kesempatan usaha yang mulai dilirik saat ini. Jika kita lihat maka terdapat penjual pecel lele yang memerlukan pasokan ikan lele setiap harinya, oleh karena itu banyak permintaan terhadap ikan lele ini  di pasaran sehingga membuka harapan untuk membuka bisnis usaha lele di mana mana. Beternak ikan lele cukup gampang jika dibandingkan dengan pembudidyaan ikan lainnya seperti ikan gurami atau mujair hal ini  dikarenakan ikan lele lebih tahan terhadap penyakit maupun keadaan lingkungan yang ekstrem. untuk lebih lanjut kita lihat saja sekilas mengenai usaha lele dumbo ini ;

*Pembenihan Lele dumbo.

Cara pembenihan lele yaitu dengan mengawinkan indukannya pada kolam-kolam yang telah disiapkan untuk pemijahan, sehingga mendapatkan benih lele yang memiliki ukuran yang telah ditentukan. cara pembenihan ini juga sangat memiliki prospek tinggi terutama untuk pakan ikan hias, dan juga bisa diberi pada usaha penumbuhan ikan lele.

* Sistem Budidaya lele dumbo

Tiga cara pembenihan yang diketahui, yaitu :

1. Cara Massal.

memasukan pejantan dan lele indukan ke  kolam khusus dengan perbandinganyang telah di tetapkan. Dalam cara tersebut pejantan akan bebas mencari indukan untuk dikawini, dalam hal ini keaktifan pejantan sangat menentukan hasil yang akan dicapai dalam pembenihan ini

2. Cara ketepatan.

teknik hampir sama dengan cara massal yaitu menempatkan induk dan pejantan dalam satu tempat. Lalu kesuksesan dengan cara ini ditentukan dengan ketepatan antara induk dan pejantan.

3. Cara Hyphofisasi.

Memberikan suntikan ekstrak kelenjar Hyphofise dapat merangsang induk untuk memijah benihnya. Di dalam teknik ini anda harus mengorbankan salah satu ikan lele anda untuk mendapatkan kelenjar  Hyphofise ini.

*Tahap Proses Budidaya Lele Dumbo

A. Cara menentukan Kolam lele dumbo.

untuk menentukan kolam lele dumbo ini  biasanya anda dapat memilih yaitu antara bak dan kubangan (kolam galian). Untuk pemilihan kolam mana yang cocok, maka anda harus melihat luas tempat yang akan anda gunakan. Namun secara umum kolam apa pun yang anda pilih sudah seharusnya memiliki hal di bawah ini :

Kolam tandon. sistem air yang masuk dari sumber air luar. kolam ini memiliki fungsi untuk mengendapkan lumpur, stok air, dan mengembangkan mikroba yang bermanfaat.

Kolam untuk memilihara indukan. Pejantan dan betina dipelihara pada kolam tersendiri  selama pematangan telur.

Kolam untuk Pemijahan. Kolam ini digunakan untuk mengawinkan betina dan pejantan. Dan di tempat perkawinan ini anda harus menyiapkan dari ijuk, batu bata, bambu dan lain-lain sebagai tempat perkawinan induk jantan dan betina.

Kolam  untuk Pendederan.Kolam ini berfungsi sebgai tempat pembesaran anakan lele dumbo yang telah menetas. Mengapa kita memindahkan anakan ikan lele dumbo ini? karena mereka sudah memerlukan pakan, sebelumnya mereka makan dari kuning telur yang masih menempel pada tubuh mereka.

B. Cara Memilih Lele Dumbo

Ciri ciri pejantan Lele Dumbo :

– tulang kepala berbentuk pipih

– warna lebih gelap

– gerakannya lebih gesit

– perut ramping tidak terlihat lebih besar daripada punggung

Ciri-ciri induk Lele Dumbo :

– tulang kepala berbentuk cembung

– warna badan lebih cerah

– gerakan lamban

– perut mengembang lebih besar daripada punggung alat kelamin berbentuk bulat.

C. Mempersiapkan Lahan.

Cara Mengolah lahan (pada kolam tanah) :

– Proses mengeringkan. Hal ini dilakukan untuk memetikan kuman penyakit yang terdapat di tanah yang sudah kita persiapkan.

– Proses memberikan kapur. Hal ini dilakukan untuk memperoleh keasaman tanah yang ideal untuk ekosistem lele dumbo.

– Proses memasukan air. Cara yang terbaik untuk memasukan air ke dalam kolam tersebut adalah dengan memasukan air sedikit demi sedikit, contoh setiap harinya kita masukan air setinggi beberapa centi dan keesokan harinya kita masukan lagi beberapa centi lagi dan seterusnya hingga penuh.

Untuk kolam buatan, anda dapat melakukan  cara berikut ini :

– Membersihkan kolam buatan dari kotoran atau pun dari sisa makanan pada proses pembenihan sebelumnya.

– Melakukan proses pengeringan dan penjemuran kolam tersebut sehingga kuman penyakit akan mati.

– Memasukan air juga sama seperti memasukan air ke dalam kolam galian.

D.Proses memijah.

Proses ini merupakan  pertemuanantara indukan dan pejantan agar keduanya dapat mengeluarkan sperma dan telur. Jika anda meilhat alat kelamin dari pejantan sudah berwarna kemerahan maka itu tandanya pejantan sudah siap untuk dikawinkan. untuk indukan jika telurnya berwarna hijau maka itu tandanya mereka belum siap kawin dan jika telurnya berwarna kuning maka anda dapat melakukan proses pemijahan ini. tidak lama bagi lele untuk menetaskan telurnya, setelah satu hari anda sudah dapat melihat anakan dari indukan yang sudah sukses melakukan proses perkawinan.

E. Proses memindahkan anakan.

– mengurangi volume hingga 15 atau 20 centimeter pada kolam dimana terjadinya proses pemijahan.

– mempersiapkan tempat penampungan sementara, anda dapat menggunakan baskom atau ember, namun perlu diingat tempat penampungan sementara itu anda isi dengan air yang berasal dari kolam pemijahan tersebut.

– agar lebih aman saat and memindahkan anakan tersebut anda menggunakan cawa atau piring agar tidak melukai anakan tersebut.

– untuk memindahkan anakan tersebut sebaiknya anda melakukannya pada malam hari karena saat tersebut suhu sedang rendah dan tidak terlalu tinggi

F. Proses Pendederan.

proses ini merupakan proses pengembangan anakan ikalan lele dumbo ini hingga memiliki panjang tertentu. untuk menghindari ikan stress lalu meninggal maka sebaiknya anda memberikan tanaman air yang dapat menghindarkan air dari sinar matahari langsung agar suhu di kolam pendederan ini tidak cepat naik. Lalu anda dapat memberikan pakan kepada anakan ini setelah anda memindahkan anakan dari kolam pemijahan ke kolam pendederan ini

* Pemberian Pakan

-Biasanya anakan ikan lele dumbo dapat memakan mikroba di dalam air kolam, jentik nyamuk, kutu air dan sejenisnya

– untuk pakan buatan anda dapat membuatnya sendiri namun anda harus memperhatikan nilai gizinya khususnya kadar protein dalam makanan buatan tersebut.

* Pengaturan Air

kualitas air dapat anda perhatikan dari fisiknya yaitu :

– air bersih

– warna dari air tersebut hijau cerah

selain dari fisik anda juga dapat mengukurnya yaitu :

-tidak mengandung racun seperti amoniak

– kolam memiliki suhu antara 22 – 26 celsius

* Menjaga Kesehatan Lele Dumbo

Pada dasarnya kesehatan Lele dumbo tersebut di tentukan oleh kualitas air dan pemberian pakan. Jika kolam tidak bersih dan mengandung bakteri-bakteri yang mengganggu maka ikan akan cepat stress dan mati. Jika pakan tidak mencukupi maka kondisi dan daya tahan tubuh lele pun akan berkurang dan akan cepat sakit.

Demikian artikel mengenai proses budi daya lele dumbo ini saya sampaikan semoga anda dapat terinspirasi juga untuk membuat budi daya ikan berkumis ini dan menjadi sukses karenanya. Namun harus diperhatikan bahwa setiap usaha pastilah ada hambatannya dan hambatan tersebut sudah seharusnya kita hadapi hingga menjadi pribadi yang sukses. salam sukses dan terima kasih

Lihat Juga Tulisan Bekerja dari rumah

Tagged: , , , , , , , , , , ,

§ One Response to Lele Dumbo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Lele Dumbo at SUKSES.

meta

%d blogger menyukai ini: