Kesalahan Pemimpin yang harus dihindari

14 November 2012 § 2 Komentar

Keahlian dalam memimpin merupakan hal penting yang sangat diperlukan di dunia usaha maupun organisasi lainnya, karena pemimpin meupakan ujung tombak dan pembuat keputusan yang akan menentukan ke arah mana akan dibawanya suatu organisasi tersebut. Pemimpin, memiliki tanggung jawab yang sangat besar di bandingkan anak buahnya dan perlu Anda tahu ada yang mengatakan bahwa gaji yang lebih besar yang pemimpin dapatkan itu adalah untuk biaya ke dokter karena salah satu tugas pemimpin adalah marah-marah hehehe itu hanya joke dari bapak Mario Teguh ( salam super).
Perlu kita ketahui juga bahwa menjadi pemimpin itu tidak selamanya indah dan gampang, banyak ajaran yang dapat Anda temukan untuk menjadi pemimpin yang baik, menjadi pemimpin yang bijaksana, menjadi pemimpin yang cerdas, namun perlu kita ketahui juga lho bahwa apa saja sih yang dapat dilakukan pemimpin yang akan membuat kepimpinannya itu menjadi buruk?

Oke mari kita langsung saja daftar kesalahan pemimpin yang harus kita hindari ;
Pertama adalah mencoba untuk menyenangkan semua orang. Menyenangkan semua orang adalah seperti mencoba menangkap 5 ekor belalang sekaligus dengan tangan kosong, dan hasilnya adalah Anda tidak akan mendapatkan apa kecuali keringat yang bercucuran di sekujur tubuh. Seperti contoh nyata yang menunjukan seorang pemimpin yang mencoba untuk menyenangkan semua orang adalah saat rapat, misalnya Anda adalah pemimpin dari suatu organisasi yang sedang merencanakan suatu acara di kantor Anda sangat berhak untuk menanyakan semua pendapat dari anggota rapat tersebut namun pada akhirnya yang menentukan adalah Anda sendiri bukan? Jika Anda ingin mencoba untuk menyenangkan mereka dengan menggunakan semua pendapat mereka maka hasil final dan eksekusinya tidak akan tercapai.

Kedua adalah memperlakukan semua orang sama rata. Jika Anda berlaku seperti ini kemungkinan besar Anda tidak akan disukai oleh bawahan Anda, berilah waktu untuk diri Anda sendiri guna mencari tahu apa yang sedang mereka pikirkan, apa yang mereka rasakan atau apa yang mereka sukai, lalu sikapi-lah informasi tersebut. Setiap orang atau bawahan Anda ingin diperlakukan spesial bukan berarti Anda memberikan apa yang mereka ingin kan tapi perlakukan mereka sebagai individu bukan diperlalukan sama rata sehingga mereka tidak merasa sebagai individual yang utuh, menanyakan kabar atau sekadar memberikan mereka minuman ringan secara pribadi mungkin akan terasa sebagai suatu yang istimewa bagi mereka.
Ketiga adalah tidak memberikan batasan yang pasti, dalam hal ini sangatlah luas, tapi saya akan beri contoh ; Anda memberikan adi tugas untuk membereskan file di gudang tapi adi tidak bisa karena katanya tugasnya masih banyak lalu Anda meminta ida untuk melakukannya namun ida tidak bisa juga karena dead line tugas yang kemarin sudah dekat, lalu apa yang Anda lakukan adalah mencari karyawan lainnya yang bisa melakukannya tapi jika tidak ada yang bisa bagaimana? Itulah kesalahan yang saya maksudkan, cara yang terbaik adaalah berpikirlah kalo mereka bisa, jika Anda pikir adi bisa melakukannya maka berikan dia tenggat waktu dan tidak ada tawar menawar. Namun hal yang perlu Anda lakukan adalan mendukungnya juga dan tidak meninggalkan mereka sendiri dengan tugas yang telah Anda berikan. Mereka akan berpikir Anda adalah bos yang hebat dan mereka pun akan menghormati Anda karena Anda bisa memimpin serta membantu mereka.

Itulah secuil kesalahan pemimpin yang dapat terjadi dalam organisasi yang Anda pimpin, dan Anda pasti lebih tahu kesalahan pemimpin dalam mengatasi anak buahnya, untuk itu beritahu saya di kotak komen dan pasti akan saya sebarkan ke seluruh dunia guna menciptakan pemimpin-pemimpin yang baik untuk dunia ini, karena kita adalah semua pemimpin.

 

 

 

Goldenadi

Tagged: , , ,

§ 2 Responses to Kesalahan Pemimpin yang harus dihindari

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Kesalahan Pemimpin yang harus dihindari at SUKSES.

meta

%d blogger menyukai ini: