Komplain

15 Agustus 2012 § Tinggalkan komentar

 

Pernahkah teman-teman melihat kemasan suatu produk? Disana pasti akan terdapat no telpon yang akan ditujukan ke costumer service dari perusahaan yang mengeluarkan produk tersebut, tujuan dari dicantumkannya no tersebut adalah untuk mendapatkan informasi dari pengguna produk mereka yaitu berupa komplain.

Kenapa perusahaan mau menerima komplain? Bukankah komplain itu tanda ketidak becusan perusahaan untuk membuat suatu produk atau jasa? Kenapa malah nomer yang mereka cantumkan itu gratis atau bebas biaya padahal khan itu namanya udah di cap jelek malah kena beban ongkos lagi rugi dua kali donk jadinya?

Malah sebaliknya komplain atau keluhan dari para konsumen mereka itu sangat berharga bagi perusahaan yang ingin tetap berada di tengah persaingan yang ketat di masa ini, karena dari komplain tersebut mereka dapat mengetahui apa yang ada di benak para pengguna produk mereka.

Bagaimana pendapat Anda sekarang? Apakah komplain itu sangat tidak baik bagi perusahaan atau sangat diperlukan ? menurut pribadi komplain itu sangat diperlukan dalam dunia usaha seperti sekarang ini, karena keluhan dari pelanggan itu dapat memberikan masukan secara tidak langsung kepada perusahaan kita, tentang produk kita, tentang apa-apa saja yang perlu di tambah atau dikurangi dalam produk atau jasa  kita, secara tidak langsung kita mendapatkan informasi yang penting untuk memperbaiki produk dan jasa kita di masa depan dan yang lebih penting lagi yang memberikan masukan itu adalah pengguna dari produk kita langsung, sangat berharga bukan?

Lalu apa sikap kita terhadap komplain tersebut? Sudah seharusnya apa yang kita dapatkan untuk di balas, ungkapkanlah rasa terimakasih kita kepada pelanggan yang memberikan “masukan” tersebut. Begitu banyak cara yang dapat kita ungkapkan kepada mereka bisa dengan memberikan jasa yang ada hubungannya dengan produk atau jasa kita atau dengan memberikan suatu yang jauh berbeda dengan produk atau jasa yang kita produksi.

Sekali lagi komplain bukanlah hal yang perlu di takutkan atau disembunyikan, komplain dan keluhan dari para pengguna jasa maupun produk kita sangat lumrah dan wajar di dalam dunia usaha, malah jika tidak ada keluhan lah yang sangat berbahaya bagi masa depan usaha kita, bisa jadi dengan tidak adanya keluhan itu juga dapat menunjukan bahwa tidak ada pelanggan atau pengguna dari jasa atau produk kita bukan? Maka cari tahu lah tentang kondisi pelanggan Anda guna untuk memenuhi kebutuhan mereka, karena pembeli adalah raja dan cari tahu apa yang dapat Anda lakukan demi raja Anda dan Anda akan mendapatkan apa yang Anda inginkan, selamat mencoba!!!

Goldenadi

Tagged: , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Komplain at SUKSES.

meta

%d blogger menyukai ini: