Langkah Hidup Kesederhanaan

20 Mei 2012 § Tinggalkan komentar

Kasih sayang, bersyukur, rendah hati, bergaul dengan orang-orang yang melakukan hal-hal sehat, memiliki hubungan yang stabil.

Kita mungkin berpikir bahwa untuk memiliki umur yang panjang dan bahagia itu harus mendapatkan resep atau membaca buku yang tebal dan mencari-cari di luar kehidupan kita. Beberapa penelitian mengatakan bahawa kebahgaiaan itu merupakan gabungan antara beberapa faktor-faktor kehidupan sederhana yang sederhana dan keterbukaan pikiran kita terhadap sesama manusia. Maka oleh karena itu saran dari penulis beberapa penulis adalah kita tidak perlu membaca buku yang tebal mengenai membangun hidup yang baik, bahagia dan panjang umur. Silakan luangkan 5 menit waktu teman-teman untuk membaca artikel ini dan semoga bisa bermanfaat.

1. Bersyukur

Bersyukur dan merasa rendah hati di dalam kehidupan kita tentang apa pun yang kita lakukan di dalam hidup kita merupakan sumber dari kebahagiaan yang sebenarnya. Tidak peduli bahwa kita seorang mahasiswa, pekerja di sebuah perusahaan, orang tua yang mengurusi rumah, memasak seorang sales person bersyukur adalah menghargai semua hal yang luar biasa yang sudah menjadi milik anda ( meskipun anda berpikir untuk memiliki hal yang lebih)

carilah hal-hal yang membuat anda bersyukur setiap harinya, begitu banyaknya hal yang dapat kita syukur mulai dari sinar matahari yang menghangatkan badan kita, udara yang masih gratis di kehidupan kita, air yang berlimpah di sekitar kita bahkan jika hal itu sulit untuk membuat kita bersyukur mari kita rasakan kelaparan, kedinginan, kekurangan saudara kita di daerah lain, kita bisa merasakannya dengan cara berdoa untuk mereka, silakan teman-teman mencoba berdoa untuk mereka yang sedang kelaparan di desa miskin, yang sudah 2 hari tidak merasakan nikmatnya singkong ataupun nasi hangat, berdoalah buat mereka yang merasakan kedinginan di tengah malam karena mereka tidak memiliki selimut dan bahkan mereka tidak memiliki rumah.

so begitu berhargalah rumah kita yang meskipun jauh berbeda dari rumah di perumahan elite tersebut. maka bersyukur bisa membuat kita merasa bahagia bahkan lebih bahagia daripada orang yang berada di dalam istana.

2. sedikit tekanan akan terasa nikmat

Jangan berpikiran macam-macam ketika membaca poin yang kedua ini karena ini tidak ada hubungannya dengan adegan sensor hehehehe….maksudnya disni adalah stress atau tekana dalam hidup yang kadarnya sedikit dapat tetap membuat kita termotivasi dan sedikit akan membuat kita merasa “lapar” di dalam hidup kita. Kita akan tetap menjadi berfokus pada kehidupan kita saat kita berada dalam sedikit tekanan, kita akan mencari sesuatu guna memenuhi kehidupan kita  yang lebih baik.

Terlalu banyak tekanan akan menyebabkan masalah pada kesehatan dan mental. Ketiadaan tekanan akan membuat kita bosan dan kadanag kita akan menjadi merasa tidak artinya untuk hidup. Menemukan keseimbangan tekanan hidup di dalam kehidupan kita akan membuat hidup kita akan menjadi lebih menarik, asal tidak berlebihan ya…

3. Menggunakan akal (common sense)

Sebenarnya kemasukan akal itu sudah ada di dalam kehidupan kita sehari-hari. seperti halnya larangan pemerintah pada para pengemudi untuk mengirim sms atau bertelepon ria saat mengendarai kendaraan, sudah berapa banyak nyawa menghilang saat  para pengemudi lalai akan keselamatan mereka sendiri dan orang lain dengan cara menelpon atau bersms di dalam kendaraan yang sedang berjalan. Tanyakanlah pada diri sendiri ” apakah ini masuk akal untuk saya lakukan sekrang dan disini?” atau tanyakan ” apakah akan lebih baikaku lakukan nanti saja”

4. Pergi ramai-ramai

Pengguna obat-obatan sangat kesulitan untuk menghentikan kebiasaannya itu bukan karena obat-obatannya sendiri namun karena teman-teman  dan lingkungan  yang berhubungan dengan obat-obatannya tersebut.  Jika kita ingin hidup lebih sehat dan jauh-jauh dari obat tersebut serta hidup bahagia maka teman yang kita pilihlah yang menjadi bagian terpenting dari usaha kita tersebut. Pilihlah teman-teman yang banyak yang dapat melakukan dan menyalurkan hobi mereka dengan aktivitas yang sehat apa kah mereka suka sepak bola atau kegiatan lainnya yang melibatkan banyak orang baik di dalam maupun di luar ruangan.

 

5.NIkmatilah pengalamannya bukan bendanya.

uang tidak dapat membelikan anda kebahagiaan namun uang dapat menghantarkan anda menuju pengalam yang membuat kita bahagia, maka jangan gunakan uang anda buat membeli barang yang dapat rusak atau hilang dalam beberapa waktu, tapi gunakan uang anda untuk menghantarkan anda menuju pada pengalaman yang meningkatkan derajat kita sebagai manusia contohnya kita dapat mengikuti seminar pengembangan diri, atau bahkan mengikuti kegiatan amal. Tidak ada salahnya jika kita membeli barang seperti TV flat namun kita juga mesti bisa menyumbangkan uang kita untuk orang lain yang lebih membutuhkan, maka hal tersebut akan membuat diri kita merasa lebih baik dan juga akan membaikan hidup kita juga.

Tidak usah kaya kalo mau berbuat baik, jika anda memberi anda bisa memberi waktu anda, bahkan anda juga bisa membayarkan uang parkir pada orang di belakang kita saat membayar parkir di pusat perbelanjaan.

Memang ternyata sederhana untuk hidup sederhana ^^

 

 

Goldenadi

Tagged: ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Langkah Hidup Kesederhanaan at SUKSES.

meta

%d blogger menyukai ini: