Kebahagiaan

20 Mei 2012 § Tinggalkan komentar

kebahagiaan

Tunjep poin saja heehe…

Ada beberapa dasar tapi sanagat mendasar mengenai ide yang dapat kita gunakan untuk menggali kebahagiaan dalam diri dan membangun hidup yang luar biasa…yaaiittuuuuuu….

kesederhanaan (simplicity)

Jalan menuju kebahagiaan tidaklah begitu sulit. Kebahagiaan tidak tergantung  pada mengumpulkan kekayaan atau ketenaran atau bahkan mendapatkan kekuasaan dan kemakmuran ; jika kita selalu berusaha untuk mendapatkan sesuatu yang lebih besar dan lebih baik maka kebahagaiaan akan menjadi sulit untuk kita pahami, kita tidak mengatakan disini bahwa kekayaan, ketenaran, dan kekuasaan tidak dapat membuat kita menjadi bahagia, malah sebaliknya bahwa semua hal yang saya sebutkan diatas tersebut merupakan salah satu faktor yang dapat membuat kita sebagai individu manusia menjadi bahagia, namun sebelumnya mari kita telusuri dulu jalan2 menuju hal-hal tersebut, salah satunya yaitu dengan kesederhanaan. Kesederhaan disni tidak berarti kita memakai baju atau barang-barang yang lusuh dan sudah tidak layak pakai sedangkan kita memiliki baju dan barang yang bermerk dan berkualitas baik.Kesederhanaan disni adalah dalam kita bersikap dalam menjalani kehidupan kita sehari, ya benar sikap kita dalam menghadapi situasi dalam kehidupan kita sehari hari.

Kebahagiaan dapat di peroleh dalam masa kini, saat kita mengirup udara sambil teman-teman membaca tulisan ini, bukan saat berkhayal pada masa keemasan yang belum ada. Kita sering salah paham di dalam kehidupan kita sendiri saat kita di hadapkan dengan masalah namun kita sedang memikirkan masalah lainnya maka bukan masalah yang akan kita selesaikan namun masalah yang sebenarnya sederhana akan menjadi lebih kompleks, nah kita perlu belajar untuk menjadi puas dan “berada” saat ini…

Kehidupan kita mungkin jauh dari sempurna namun jika kita tidak melekat pada situasi yang negatif dan menghargai kesederhanaan maka kebahagiaan akan menjadi lebih mudah untuk kita dapatkan.

Hiduplah berdasarkan hati

jika kita melihat semua situasi hanya berdasarkan pikiran kita yang kritis dan menghakimi maka sebagai konsekuensinya kita akan menemukan semuanya memiliki kesalahan yang begitu banyak yang akan membuat kita merasa sangat tidak nyaman tidak saja dari orang-orang sekitar namun juga dunia tempat kita tinggal ini pun akan kita anggap salah. Jika kita secara terus menerus mengkritik dan melihat hanya kesalahan saja kita tidak dapat menemukan ketenangan maupun kebahagiaan. Namun jika kita hidup dengan hati (yang tenang dan bijak) maka kita akan menjadi lebih toleran dan menjadi lebih terbuka terhadap sesama. Kualitas dari hidup dengan hati adalah sikap menerima dan kesatuan. Anak kecil sangat mudah untuk menjadi bahagia dalam setiap kehidupan mereka karena mereka lebih menggunakan hati atau perasaan.Terkadang kita perlu untuk menjauhkan pikiran kritis kita dan mengambil pandangan sederhana dari kehidupan anak kecil .

Kendalikan pikiran Kita

Jika kita merasa menjadi korban dari pikirankita yang negatif maka bagaimana cara kita untuk berharap menjadi bahagia? Untuk menjadi bahagia yang sebenarnya maka kita harus menggali pikiran yang positif. Ini berarti kita harus menggantikan pikiran kita yang negatif dengan pikiran yang positif, bukan saja kita menghilangkan pikiran negatif kita namun kita harus menggantinya dengan pikiran yang baru yaitu dengan pikiran yang positif jika tidak digantikan maka pola pikiran kita yng negatif tersebut akan kembali menguasai kita.

Menghindari pikiran yang negatif memerlukan latihan. salah satunya adalah dengan bermeditasi dan konsentrasi, namun salah satu cara yang terbaik adalah dengan mengkonsentrasikan pikiran kita pada hal yang positif, pikiran kita lah yang bisa membawa kita ke dalam “surga” ataupun “neraka” maka berhati-hatilah dengan apa yang kita ijinkan masuk kedalam pikiran kita.

Bersyukur

jika kita tidak menunjukkan rasa penghargaan pada orang lain dan pada kehidupan maka kita akan menjadi orang yang egois. jika kita dapat bersyukur dalam hal-hal yang kecil dalam kehidupan kita, itu dapat membantu kita merasa menjadi lebih memiliki indentitas yang lebih luas dan menjadi lebih waspada ; kesadaran kita menjadi lebih luas dan bersyukur membantu kita untuk menimbulkan sikap positif yang tulus pada permukaan hidup kita.

Aktif

Kebahagiaan dapat dengan mudah ditemukan didalam pelayan terhadap orang lain. Aktifitas tidak berarti mengisi hidup kita dengan hidup yang dijejali kegiatan sebanyak  mungkin, jika kita melakukan hal tersebut maka kita akan merasa mementingkan diri sendiri dan akan menjadi lebih stress untuk melakukan beberapa kegiatan dalam satu waktu.

namun jika kita aktif secara tenang maka kita akan menemukan perasaan tujuan hidup ; rasa memiliki tujuan ini dan rasa kepuasan dapat membantu kita mendalami rasa kepuasan dalam hati.

Latihan Fisik

Jika kita berolahraga secara teratur maka kita akan mendapatkan keuntungan yang banyak. jika kita dapat merawat tubuh kita maka kita akan terjauhi dari rasa lesu dan serangan penyakit. Melalui peningkatan daya tahan tubuh kita maka kita akan mendapatkan rasa penghargaan diri sendiri karena kita dapat melangkah secara aktif untuk pengembangan diri kita sendiri.

meningkatkan kebugaran tubuh kita juga akan membuat kita akan merasa lebih baik secara mental ; berolahraga dapat membantu otak kita untuk menyingkirkan pemikiran yang tidak berguna.  Berolah raga tidak harus dengan memaksa tubuh kita secara maksimal namun kita dapat dengan mudah menemukan kegiatan olahraga yang menyenangkan dan menyehatkan. so keep think positif first.

Goldenadi

Tagged: , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Kebahagiaan at SUKSES.

meta

%d blogger menyukai ini: