FIRST IMPRESSION

1 Mei 2012 § Tinggalkan komentar

first impression

 

 

Penampilan merupakan hal pertama yang akan di perhatikan oleh orang lain terhadap diri kita.  First impression does tells a lot, memang benar kalimat tersebut karena hanya dengan melihat penampilan seseorang kita dapat menyimpulkan bagaimana kehidupan orang tersebut, meskipun terkadang hal tersebut keliru bagi sebagian kasus. Lain halnya dengan dunia penjualan atau dunia professional, penampilan merupakan hal pertama kali dikaitkan dengan pelayanan yang akan Anda berikan pada mereka ( pelanggan).

Berikut ini saya akan berikan sekilas hal-hal yang akan membuat penampilan Anda menjadi lebih menarik dan terlihat professional;

Tampil bersih, untuk menjadi sukses Anda harus dapat memperhatikan kebersihan pada diri Anda sendiri, mandilah secara teratur meskipun Anda tidak berkeringat atau pun masih wangi itu tidak menandakan Anda tidak perlu untuk mandi, karena kuman-kuman akan tetap ada di sekitar tubuh Anda meskipun Anda terlihat rapi dan bersih. Saat seseorang bersih kita mungkin akan jarang memperhatikannya namun jika seseorang tersebut kotor, lusuh dan berbau tidak sedap maka kita akan langsung mengetahuinya dan bahkan menjauhinya. Maka mulailah hari Anda dengan memperhatikan kebersihan diri sebelum berangkat kerja maupun menemui seseorang.

Pakaian yang bersih, gunakanlah selalu pakaian yang bersih, wangi dan rapi. Pastikan juga perhatikan sepatu Anda dalam keadaan yang bersih dan mengkilap. Tips untuk warna pakaian, gunakanlah selalu pakaian yang berwarna putih atau Anda juga dapat menggunakan pakaian yang dapat menyembunyikan keringat Anda, jika menggunakan warna putih maka saat Anda berkeringat maka warna baju Anda akan tidak terlalu terlihat berubah warna, namun ada pakaian yang membuat ketiak atau punggung Anda akan terlihat berbeda saat Anda berkeringat, dan  keringat menunjukan hal yang tidak baik, sebab keringat menunjukan tegang ataupun grogi, dan hal tersebut dapat menurunkan suau penawaran atau negosiasi yang Anda lakukan.

Berpenampilan Cerdas, saat melakukan meeting atau pertemuan dengan klien Anda di suatu tempat, maka gunakanlah pakian yang tidk terlalu mencolok mata karena itu akan menunjukan Anda ingin terlihat lebih bersinar di dalam keramaian dan hal tersebut akan menunjukan bahwa Anda ingin mendapatan keuntungan tanpa memperhatikan orang lain, gunakan pakaian yang sederhana namun elegan, dalam bertemu dengan klien atau calon pembeli maka tunjukan bahwa pembeli atau klien Anda tersebut merupakan hl yang paling penting. Satu hal lagi dalam hal wewangian gunakanlah parfum yang tidak terlalu menusuk hidung, selera Anda mungkin tidak akan cocok dengan orang lain dan mungkin mereka akan tidak nyaman jika berdekatan dengan Anda, maka gunakanlah wewangian secukupnya dan yang lembut.

Saat Anda berpenampilan baik maka Anda akan merasa baik, saat Anda merasa baik maka Anda akan merasa percaya diri,   dan rasa percaya diri merupakan hal yang sangat disenangi oleh orang lain, karena dapat mencairkan suasana dan menunjukan bahwa Anda tidak sedang menutupi apa-apa. Selain itu berpenampilan baik maka Anda akan terlihat professional dan orang akan beranggapan bahwa mereka akan mendapatkan pelayanan yang baik dari seseorang yang professional.

Berinvestasilah dalam penampilan, Anda mungkin akan berpikir sangat mahal untuk melakukan dry cleaning untuk pakaian kerja Anda dan jas Anda, namun coba Anda lihat hasil dari investasi dalam kebersihan pakaian Anda dengan hasil yang akan Anda dapatkan dalam bisnis Anda, biaya investasi Anda akan terlihat dengan segera dan bahkan dengan hasil yang lebih banyak.

Namun jika Anda seorang pembeli atau konsumen maka selalulah waspada dengan penampilan seseorang, karena first impression terkadang tidak selalu sama dengan di “dalamnya”. Seperti gambar di bawah ini ;

Tagged: , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading FIRST IMPRESSION at SUKSES.

meta

%d blogger menyukai ini: