INFORMASI DALAM BISNIS (CORAT-CORET VER.)

25 April 2012 § Tinggalkan komentar

pada masa sekarang ini kita  hidup di zaman yang sudah penuh dengan persaingan, baik di dalam dunia pencari kerja maupun di dalam dunia usaha, semua lini sudah dipenuhi oleh orang-orang yang berpikiran maju n sudah memiliki obsesi yang tinggi dalam dunia wirausaha.

Meskipun kita memang hidup di dunia yang penuh persaingan namun ada ahli yang mengatakan bahwa hidup ini bukanlah untuk bersaing dengan yang lainnya namun kita harus terus bertumbuh sendiri dengan apa yang sudah diberikan oleh tuhan, karena memang hidup ini sudah diatur oleh tuhan dengan segala keberlimpahan yang ditujukan bagi makhluk hidup khususnya manusia.

 

Jika persaingan memang bisa membuat kita merasa terpacu untuk lebih maju, kenapa kita tidak melakukannya asal dengan tata cara yang baik nan indah yang tidak merugikan kita dan orang lain.

Nah mari kita lihat lagi persaingan yang ada di dalam dunia usaha masa kini yang sudah cukup padat. Ada orang yang ingin memulai usahanya dengan menciptakan barang ato jasa yang  benar-benar baru yang belum ada yang membuatnya jadi usaha, ada juga yang memodifikasi sesuatu barang dan jasa yang sudah ada. Semua hal tersebut sangatlah bagus, karena itu merupakan modal awal untuk memulai usaha, yaitu ”memulai”.

Namun jika pasar sudah dipenuhi dengan produk2 yang baru maupun yang sudah ada maka cara genius lainnya yaitu kita harus memilih wilayah pasar yang baru. Benar sekali jika suatu wilayah sudah mulai terasa jenuh maka lebih baik kita yang pindah ke wilayah lain yang belum dijamah oleh produk baik barang dan jasa lainnya.

Oleh karena itu kita harus jeli dalam meliaht peluang dan kesempatan yang ada dan akan lebih baik jika kita memiliki informasi tentang kesempatan dan peluang tersebut dengan cepat baik dalam waktu maupun kuantitasnya.

Contohnya informasi tentang pembangunan atau suatu acara yang akan diselenggarakan. Jika misalnya ada suatu pembangunan gedung sekolah baru, gedung perkantoran maupun perumahan maka kita harus bisa membuat usaha yang mana nantinya akan dijadikan kebutuhan oleh massa yang akan diam ato beraktivitas disana.

Jika ada suatu event dalam suatu wilayah maka kita harus jeli juga menyediakan jasa ato produk yang akan dibutuhkan oleh massa disana.

Ini masalah kecepatan informasi dan banyaknya info yang kita dapatkan. Ini sebenarnya bukan strategy yang lama atau kuno, namun ini sudah diterapkan oleh pebisnis ulung yang sering dinamakan oleh masyarakat kita pedagang kaki lima. Pedagang kaki lima ini sungguh jeli di dalam melihat peluang pasar di masyarakat, entah darimana para pebisnis ini mendapat informasi tentang suatu acara tersebut.

Nah dari hal tersebutlah kita harus jeli dalam menerima suatu informasi di dalam masyarakat disekitar kita, contoh diatas merupakan suatu contoh kecil dalam hal mendapatkan informasi, masih banyak contoh-contoh lainnya yang berskala besar misalnya dalam proyek pembangunan suatu gedung baru kita bisa menawarkan bahan bangunan, kita bisa menawarkan tenaga-tenaga kerja dalam pembangunan itu dan masih banyak hal yang lainnya yang masih bisa kita tawarkan hanya pada satu event saja, belum lagi pada suatu kegiatan yang lainnya yang berbeda konteks, LUAR BIASA…!!!!

Tagged: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading INFORMASI DALAM BISNIS (CORAT-CORET VER.) at SUKSES.

meta

%d blogger menyukai ini: