Kesalahan dasar saat presentasi penjualan

19 April 2012 § Tinggalkan komentar

Presentasi penjualan adalah tugas akhir dalam penjualan yang diharapkan akan membantu para calon pembeli untuk membeli produk atau jasa yang kita tawarkan. Dalam presentasi tersebut banyak alat yang bias kita gunakan, misalnya CD yang sudah berisi tentang produ-produk kita, atau kita juga bias menggunakan sample yang riil untuk di coba oleh calon pelanggan kita. Namun di dalam presentasi tersebut, masih saja ada kesalahan yang harus dihindari agar tidak merusak presentasi kita nantinya. Karena begitu pentingnya presentasi di dalam dunia penjualan ini maka sudah seharusnya para sales person yang ingin berhasil menjual melakukan persiapan presentasinya tersebut.

  • Kurangnya persiapan

Dalam persiapan ini Anda diwajibkan untuk menghafal segala produk dan fungi yang Anda miliki, namun saat presentasi sebaiknya Anda tidak terlihat seperti menghafal karena presentasi yang terlihat seperti menghafal tersebut akan membuat calon pembeli kita akan merasa bosan dan tidak mendengarkan presentasi Anda dengan maksimal. Ada baiknya Anda terus berlatih di depan teman-teman bila perlu agar Anda terbiasa untuk berbicara di depan orang banyak. Namun intinya adalah Anda tahu produk atau jasa yang akan Anda jual tersebut dan bagaimana Anda akan menyampaikannya atau mempresentasikannya.

  • Informasi yang jelas

Di dalam menyampaikan informasi kepada para calon konsumen kita seharusnya bersifat padat dan jelas. Penjelasan yang seharusnya 20 menit akan terasa membosankan jika presentasi tersebut molor menjadi 40 menit. Tidak saja akan membuyarkan inti penjualan dan tujuan Anda namun akan membuat calon konsumen Anda akan bosan. Ada baiknya Anda persiapkan materi presentasi Anda secara metodis dan selalu periksa saat rancangan presentasi Anda sudah selesai.

  • Tidak melibatkan calon konsumen

Dalam presentasi tidak saja mengenai penawaran produk dan membuat calon konsumen kita terpengaruh namun juga mereka akan melihat cara presentasi Anda. Sudah tahukan apa akibatnya jika calon pembeli kita merasa bosan? Ya mereka akan mengabaikan sisa pembicaraan Anda, meskipun mereka terlihat mendengarkan Anda selama satu jam namun pada akhirnya merek akan berkata “ saya akan menghubungi Anda”. Begitu banyak alat yang sekarang Anda dapat gunakan untuk membuat presentasi yang melibatkan calon pelanggan Anda. Dan lagi berpikir kreatif merupakan hal yang mutlak diperlukan oleh salesperson super.

Anda lihatkan beberapa kesalahan yang saya utarakan di atas? Tugas Anda adalah hanya menghindarinya, pelajari lalu praktekkan, that’s it…!!!

Anda bisa mendapatkan ilmu yang banyak di luar sana namun hanya Anda yang dapat menentukan ilmu itu berguna atau tidak. Saya pun sangat bersedia untuk belajar dari Anda, oleh karena itu beritahu saya kesalahan apa saja yang harus dihindari dalam presentasi penjualan. Salam super ( kayak pak Mario yak?)

Tagged: , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Kesalahan dasar saat presentasi penjualan at SUKSES.

meta

%d blogger menyukai ini: