ALASAN PELANGGAN ADALAH ISYARAT UNTUK MEMBELI

18 April 2012 § Tinggalkan komentar

Saat menghadapi berbagai alasan dari penolakan yang dilontarkan oleh calon konsumen kita, mental kita akan sedikit down, benar khan? Namun jangan khawatir jika kita amati lagi semua alasan dan penolakan yang disampaikan itu merupakan suatu sinyal bagi kita bahwa mereka memang benar ingin membeli produk kita namun dengan beberapa sedikit perubahan.

Ada seorang sales real estate yang sedang menemani calon pembelinya. Setelah melihat-lihat seiisi ruangan yang ada di dalam rumah tersebut dengan sopan si sales bertanya kepada pasangan suami-istri tersebut, “bagaimana, apakah Anda menyukai konstruksi dan design dari rumah ini?” lalu si istri menjawab “oh saya kurang menyukai lantai dari rumah ini” .

Jika Anda menghadapi konsumen yang seperti itu bagaimanakah sikap Anda? Namun bagi sales person yang handal akan sangat mudah menghadapi konsumen seperti di atas,  para sales person akan menanyakan apa lagi yang konsumen mereka itu tidak sukai, sebagai contoh diatas si istri berkata bahwa dia juga tidak suka karena tidak ada taman atau lantai bawah tanahnya yang pengap. Tindakan yang tepat bagi pernyataan di atas adalah “ jika kami bisa memperbaiki sesuai dengan apa yang Anda inginkan apakah Anda bersedia untuk membeli rumah ini?

Bagi sales person yang handal semua  keberatan pembelinya adalah tantangan bagi dirinya untuk membuktikan bahwa mereka adalah sahabat yang dapat memuaskan temannya, mereka akan segera mengatasi keberatan mereka dengan wajar serta setelah mendapatkan persetujuan antara pembeli dan penjual.

Saat menghadapi keberatan, berbagai alasan ataupun penolakan maka berpikirlah kreatif namun jangan sekali-sekali membuat calon pembeli Anda rugi. Berpikirlah kreatif yang akan membawa win-win solution bagi pembeli dan Anda sendiri. Sebenarnya penjualan adalah  pembeberan informasi dari satu pihak pada pihak lainnya secara transparan dan bukan muslihat yang ajaib yang membuat pembeli Anda membeli dari Anda secara tidak sadar.

Poin penting dalam setiap menghadapi alasan dan penolakan adalah berpikir kreatif dan menggunakan common sense serta selalu menghubungkan produk yang nantinya akan bermanfaat bagi calon pembeli Anda. Selalu ingat bahwa alasan pelanggan merupakan isyarat untuk membeli.

 

Tagged: , , , , ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading ALASAN PELANGGAN ADALAH ISYARAT UNTUK MEMBELI at SUKSES.

meta

%d blogger menyukai ini: