8 CIRI SEORANG SUPER SALES

18 April 2012 § 2 Komentar

Salam pagi buat teman-temanku sekalian, apakah teman-teman masih semangat untuk menjadi supersales??? Saya yakin Anda pasti masih semangat untuk mewujudkan semua cita-cita yang Anda inginkan tersebut, oleh karena itu saya akan membeberkan beberapa ciri seorang super sales. Oke berikut penjabarannya  :

  •       Ahli dalam produk knowledge

Seorang salesperson pasti akan mempersiapkan semuanya yang akan mereka presentasikan di depan prospek mereka, salah satunya adalah mengenai informasi produk yang akan mereka tawarkan, mereka akan mempelajari semua tentang produk yang akan mereka pasarkan. Mereka sadar jika mereka tidak mengetahui secara detail mengenai produk mereka maka mereka tidak akan berhasil dalam penjualan

  • Yakin terhadap produk mereka

Seorang salesperson tidak akan pernah menjual barang yang mereka sendiri tidak yakin terhadapnya, nah disini lah letak keterampilan yang sesungguhnya yang harus dimiliki oleh sales person, yaitu memilih produk atau barang yang akan mereka jual. Mereka percaya jika mereka sendiri tidak percaya terhadap barang dagangan mereka maka rasa ketidakyakinan akan memancar ke benak calon pelanggan mereka, dan akhirnya mereka gagal untuk menjual produk mereka.

  • Mengetahui kebutuhan pelanggan

Penjual yang baik akan selalu menganalisis kebutuhan dari pelanggan ataupun calon pembeli mereka, mereka hanya akan selalu menawarkan kebutuhan yang tepat untuk kebutuhan pelanggan mereka. Salesperson yang baik tidak akan menawarkan mobil sport jika pelanggan yang sudah berkeluarga jika mereka belum memiliki mobil satupun mobil keluarga. Perlu diketahui jika penjualan tersebut merugikan pembeli maka hal  tersebut mengindikasikan bahwa penjualan tersebut akan lebih merugikan si penjual tersebut.

  • Memberi nilai lebih untuk pembeli

Perlu diketahui bahwa untung yang sedikit namun dipercayai oleh pelanggan merupakan hal yang sangat bernilai untuk seorang super salesperson, sangat berbeda bagi sales person yang sangat ingin menutup penjualan yang besar dengan menghalalkan segala cara, memang mereka akan mendapatkan komisi yang besar namun penjualan tersebut tidak akan berulang untuk pembeli yang sama, dan yang lebih parah lagi jika pelanggan yang kecewa tersebut menceritakan kepada teman-teman mereka, maka tamatlah karir sang sales. Agar menjadi seorang sales person yang super maka selalu berilah nilai lebih untuk pelanggan Anda.

  • Ahli menganalisa motif pembeli

Perlu diketahui bahwa sales person yang baik akan selalu menggunakan motif yang akan menggerakkan calon pembeli untuk membeli produk dari sales person ini. Sebagai contoh jika sales person sudah mengetahui bahwa calon pelanggan ini memiliki seorang pacar, maka cobalah untuk membuat motif bahwa barang yang Anda jual ini didedikasikan untuk pacarnya dan ajaklah calon pembeli Anda ini untuk membayangkan pacar sang calon pembeli ini menggunakan produk yang Anda jual dan pacarnya tersebut akan bahagia dan sangat berterimakasih pada calon pembeli Anda ini, Anda sudah lihat bukan motif penjualan ini, ya benar ini merupakan motif cinta . Masih ada beberapa motif yang bisa Anda gunakan dalam kegiatan penjualan ini. Selalu analisa motif pembeli Anda.

  • Mengkualifikasi terlebih dahulu calon pembeli

Ahli penjualan selalu mengetahui kualifikasi pembeli mereka, mereka tidak akan menawarkan produk mereka sebelum mengetahui kualifikasi pembeli mereka, oleh karena itu seorang salesperson akan selalu mengajak pembeli mereka untuk berbicara terlebih  dahulu guna mengetahui kualifikasi calon pembeli mereka. Sebagai contoh seorang penjual akan selalu mengkualifikasikan posisi keuangan dari calon pembeli mereka, motif yang tepat untuk calon pembeli mereka dan yang paling penting adalah apa kebutuhan dari  calon pembeli mereka.

  • Ahli dalan menetralisir benak calon pembeli

Dalam menjual pasti ada waktunya calon pembeli kita menutup diri dan selalu menolak setiap penawaran kita, maka terlebih dahulu harus kita netralisir benak mereka agar merek menjadi reseptif dan  mau mendengarkan penjelasan dari kita( hal ini akan saya ulas dalam artikel selanjutnya). Di dalam menetralisir benak calon pembeli Anda, maka Anda harus mengethaui latar belakang dan motif calon pembeli Anda, sehingga Anda dapat menyiapkan kata-kata penawaran yang tepat untuk mereka.

  • Ahli dalam menutup penjualan

Semua poin di atas tidaklah berarti jika Anda belum sampai ada penutupan penjualan atau sales closing. Maka untuk mencapai sales closing ini Anda harus benar-benar ahli dalam ke tujuh poin di atas. Para sales person membagikan rahasianya yaitu mereka selalu menganggap bahwa calon pembeli mereka sudah siap untuk membeli , maka mereka tidak akan menanyakan apakah Anda siap membeli ? namun mereka akan bertanya Anda pilih yang mana? Dan hebatnya lagi para sales person yang super akan membuat pembeli mereka merasa bahwa mereka lah yang melakukan pembelian bukan karena ditawarkan….

Oke sekian dulu artikel mengenai 8 ciri seorang super sales ini, ada baiknya Anda praktekan dulu apa yang saya utarakan di atas tadi, karena ilmu yang baik tidak akan berhasil jika tidak digunakan, benar khan? Jadilah super sales..!!!

Tagged: , , , ,

§ 2 Responses to 8 CIRI SEORANG SUPER SALES

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading 8 CIRI SEORANG SUPER SALES at SUKSES.

meta

%d blogger menyukai ini: