Ice breaker dalam menjual

9 April 2012 § 1 Komentar

Apakah Anda sudah mempraktekan langkah awal untuk menjual? Nah kalau begitu silakan Anda baca langkah kedua dalam menjual ini. Judulnya adalah ice breaker dalam menjual, yang bisa Anda artikan sebagai cara mencairkan suasana, tentunya dalam hal berjualan ya, dan hal ini dapat Anda praktekan dalam penjualan direct atau via telpon.

Oke Anda bertanya apa aja sich dapat mencairkan suasana dalam hal berjualan ini? Kita bisa mencari kesamaan kita dengan pelanggan Anda, mungkin jika Anda sebagai sales tidak hanya akan membicarakan tentang produk yang harus Anda jual pada calon pelanggan,  namun sebagai pencair suasana Anda bisa membicarakan persamaan minat atau hobby yang sama, hal ini juga akan menunjukkan pada pelanggan Anda bahwa Anda sangat memperhatikan pelanggan dan sangat ingin memberikan pelayanan yang nantinya akan memenuhi kebutuhan pelanggan Anda.

Sebagai pedoman untuk mencairkan suasana dalam penjualan Anda dapat menanyakan hal berikut ini:

Keluarga

Hal yang sangat umum digunakan dalam mencairkan suasana adalah menanyakan tentang keluarga prospek Anda, Anda bisa menanyakan berapa jumlah putra atau putri mereka atau dimana mereka sekolah atau jika Anda mendatangi rumah prospek Anda Anda bisa amati foto keluarganya dan jika anak mereka mirip dengan prospek Anda katakanlah dengan jujur jika penataan rumahnya bagus pujilah tentang tataan rumah mereka, namun jangan sekali-sekali memuji secara berlebihan karena itu akan mengesankan Anda senang membual dan satu lagi janganlah berkomentar kebalikannya jika anaknya hitam janganlah bilang anak mereka itu putih seperti orang jepang bisa-bisa Anda dipersilakan keluar hahahaha….

 

Pekerjaan

Untuk berbicara tentang pekerjaan janganlah sekali-sekali Anda berdebat dengan prospek Anda, tapi pujilah pekerjaan mereka dan bilang pada mereka bahwa mereka sangat beruntung memiliki pekerjaan tersebut namun lagi-lagi ucapkanlah dengan jujur tentang pekerjaan mereka. Sebagai contoh jika prospek Anda sebagai tukang las dibengkel maka katakana pada mereka bahwa pekerja tersebut memerlukan stamina dan ketrampilan yang sangat tinggi dan puji prospek Anda bahwa mereka sangat hebat  karena bisa menggeluti profesi tersebut dan katakan juga bahwa profesi mereka sangat penting bagi pembangunan yang sedang gencar-gencarnya saat ini.

 

Dua contoh hal di atas merupakan hanya sebagian kecil dalam hal mencairkan suasana saat penjualan berlangsung, namun Anda sangat dipersilakan untuk menanyakan hal-hal yang dapat mencairkan suasana asal perlu diingat tidak mengandung SARA maupun yang bersifat pribadi.

Namun jangan lupa juga selalu menyelipkan alasan kenapa Anda datang atau menemui mereka, jika Anda berniat menjual laptop tawarkanlah laptop-laptop terbaru yang sedang Anda jual, jika Anda menjual obat-obatan atau vitamin tawarkan mereka obat-obat yang Anda miliki, intinya janglah sampai lupa untuk menawarkan produk yang yang Anda jual karena terlalu asyik mencaikan suasana. Sebelum berlanjut artikel berikutnya silakan Anda berlatih untuk menjadi ice breaker dalam menjual, sapa lah orang yang ada disekitar Anda dan ajaklah berbicara.

 

 

Tagged: , , , , ,

§ One Response to Ice breaker dalam menjual

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading Ice breaker dalam menjual at SUKSES.

meta

%d blogger menyukai ini: